rpp hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas juring k13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah        : SMP/MTs ...
Kelas/Semester      : VIII / 2
Mata Pelajaran     : Matematika
Topik                      : Lingkaran
Alokasi Waktu      :  1 x 40 menit


 


A.    KOMPETENSI INTI

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengelolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.      Bersemangat dalam Mengikuti pembelajaran matematika.
2.      Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2.
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.

1.    Memiliki rasa ingin tahu yang ditandai dengan bertanya selama proses pembelajaran.
2.      Berani presentasi didepan kelas dari hasil kerja kelompoknya.
3.      Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari
4.      Menunjukan sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasil kerjanya.
3.
Mengidentifikasi hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas juring.
1.      Mengetahui hubungan sudut pusat dengan panjang busur.
2.      Mengetahui hubungan sudut pusat dengan luas juring.
4
Menghitung besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring.
1. Menentukan besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring.
C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
            Melalui proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik, siswa di harapkan dapat :
a)      Aspek afektif
1.      Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2.      Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.
3.      Memiliki rasa ingin tahu yang ditandai dengan bertanya selama proses pembelajaran.
4.      Berani presentasi di depan kelas dari hasil kerjanya.
5.      Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan bangun segi empat.
b)     Aspek kognitif
6.      Mengetahui hubungan sudut pusat dengan panjang busur.
7.       Mengetahui hubungan sudut pusat dengan luas juring.
c)      Aspek psikomotor
8.      Menentukan besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring dengan tepat.
D. MATERI AJAR
1.      Sudut Pusat, busur dan juring
Sudut di dalam lingkaran yang di batasi oleh dua jari-jari disebut sudut pusat.
Dihadapan sudut pusat terdapat suatu busur. Pada Gambar diatas, di hadapan AOB terdapat busur AB. Busur di hadapan sudut pusat lingkaran dengan jari-jari pembentuk sudut pusat membentuk sebuah juring. Pada gambar di atas , AOB adalah juring dari sudut pusat AOB.
2.      Hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas juring
3.      Rumus panjang busur
4.      Rumus luas juring
       
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik melalui pengamatan, tanya jawab, diskusi, presentasi serta penugasan individu dan kelompok.

 
b.      Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
F. Kegiatan Pembelajaran
Fase
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Guru
Siswa

P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N

1.     Guru melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran kemudian memeriksa kehadiran siswa sebagai cerminan disiplin
2.    Guru bertanya untuk mengetahui dan mengingatkan materi yang relevan dengan materi yang akan disampaikan.
3.    Guru memberikan motivasi berdasarkan materi yang akan disampaikan.
4.    Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang heterogen.
5.    Guru membagikan LKS kepada siswa.

1.         Siswa menjawab salam dan berdoa.



2.         Siswa menjawab pertanyaan dari guru.

3.         Siswa mendengarkan dengan seksama.
4.         Siswa duduk bersama teman kelompoknya.
5.         Siswa mendapatkan LKS.

5 menit




I
N
T
I
Mengamati (Observing):
6.    Guru memberikan informasi sebagai pengetahuan awal siswa serta masalah yang berkaitan dengan materi hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas juring dalam kehidupan sehari-hari.
7.    Guru meminta siswa untuk mengamati gambar-gambar lingkaran serta mengisi tabel yang telah disediakan sesuai dengan perintah yang diberikan.

8.    Guru berkeliling dan mengamati aktivitas siswa dalam kelompok.


Menanya dan mengumpulkan informasi :
9.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati.
10. Guru menjawab pertanyaan dari siswa dan memberikan bimbingan yang sifatnya terbatas kepada siswa.

11. Guru meminta kepada setiap kelompok untuk berdiskusi mencoba menemukan jawaban dengan melakukan serangkaian kegiatan yang terdapat pada LKS.


12. Guru mengamati jalannya kerja kelompok dan memberi bantuan seperlunya jika siswa mengalami kesulitan.

Menalar :
13. Guru membimbing siswa untuk menemukan hubungan sudut pusat dengan panjang busur dan hubungan sudut pusat dengan luas juring dari informasi yang telah diperoleh dan membuat kesimpulan.

14. Guru meminta perwakilan dari setiap kelompok untuk menuliskan kesimpulan yang mereka peroleh dipapan tulis.


15. Guru mengecek pemahaman siswa dengan bertanya kepada beberapa siswa mengenai kesimpulan yang telah diperoleh.
Mencoba:
16. Guru meminta siswa untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi di dalam LKS.

17. Guru membimbing siswa dalam penyelesaian masalah.


Mengkomunikasikan:
18. Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.

19. Guru membimbing, mengawasi dan memberikan instruksi kepada siswa.

20. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

6.  Siswa memperhatikan dan menanggapi penjelasan dan permasalahan yang diberikan.


7. Siswa mengamati dan mengisi tabel.




8. Siswa bekerja sama dalam kelompoknya.



9. Siswa bertanya tentang hal-hal yang kurang dipahami.



10. Siswa menyimak penjelasan dan mengikuti arahan dari guru.

11. Siswa berdiskusi dan bekerja sama dengan teman kelompok mengerjakan tugas dalam LKS.

12. Siswa bertanya kepada guru jika ada yang tidak dipahami.


13. Siswa mencari hubungan sudut yang diminta guru dengan informasi yang telah diperoleh.

14. Perwakilan kelompok menuliskan kesimpulan di papan tulis.

15. Siswa menjawab pertanyaan dari guru.


16. Siswa menyelesaikan masalah didalam LKS.

17. Siswa yang kurang mengerti mendapat bantuan dari guru.

18. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
19. Siswa menanggapi hasil presentasi kelompok.
20. Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
25 menit


P
E
N
U
T
U
P

21. Guru memberikan tugas individu sebagai penilaian pengetahuan individu siswa.
22. Guru mengumpulkan tugas yang telah di kerjakan oleh siswa.

23. Guru mengingatkan untuk mempelajari kembali materi yang telah diperoleh hari ini dan mempelajari materi selanjutnya.

24. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran.

21. Siswa mengerjakan tugas secara individu.
22. Siswa melaksanakan perintah guru.
23. Siswa memperhatikan informasi yang disampaikan guru.
10 menit
G. Alat dan Sumber Belajar
Alat :
a)      Busur derajat
b)      Papan tulis
c)      Spidol
d)     Power point
e)      Lembar penilaian
f)       Laptop
Sumber belajar :
a)      Buku paket
b)      Worksheet atau lembar kerja siswa
G. Penilaian Hasil belajar
1.         Sikap spiritual
a.         Teknik Penilaian : Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
Instrumen: lihat Lampiran 3.
2.         Sikap sosial
a.         Teknik Penilaian  : Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
Instrumen: lihat Lampiran 4.
3.         Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian: Tes
b.      Bentuk Instrumen: Uraian
Instrumen: lihat Lampiran 5.    
4.         Keterampilan
a.       Teknik Penilaian:Observasi
Instrumen: lihat Lampiran 6.
 
                                           




Komentar

  1. Live Casino: online casino | Free Spins, Games and No Deposit Bonuses
    Get up to €1500 in free play online casino games. ☝️ Welcome Bonus ✚ Spins ✚ No deposit offers ☝️ Casino bonuses ☝️ 온라인 카지노 Free spins ☝️ Deposit bonuses.

    BalasHapus

Posting Komentar