rpp hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas juring k13
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP/MTs ...
Kelas/Semester : VIII / 2
Mata Pelajaran : Matematika
Topik : Lingkaran
Alokasi Waktu : 1
x 40 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengelolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
1.
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
1. Bersemangat dalam Mengikuti pembelajaran matematika.
2. Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.
|
2.
|
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar.
|
1. Memiliki rasa
ingin tahu yang ditandai dengan bertanya selama proses pembelajaran.
2. Berani presentasi didepan kelas dari hasil kerja
kelompoknya.
3.
Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan materi pelajaran yang
sedang dipelajari
4. Menunjukan sikap percaya diri dalam
mengkomunikasikan hasil-hasil kerjanya.
|
3.
|
Mengidentifikasi hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas juring.
|
1. Mengetahui hubungan sudut
pusat dengan panjang busur.
2. Mengetahui hubungan sudut
pusat dengan luas juring.
|
4
|
Menghitung besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring.
|
1. Menentukan besar sudut
pusat, panjang busur dan luas juring.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui
proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik, siswa di harapkan dapat :
a)
Aspek
afektif
1. Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2. Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.
3. Memiliki rasa ingin tahu yang ditandai dengan bertanya
selama proses pembelajaran.
4. Berani presentasi di depan kelas dari hasil kerjanya.
5. Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan bangun
segi empat.
b)
Aspek
kognitif
6. Mengetahui hubungan sudut pusat dengan panjang
busur.
7. Mengetahui
hubungan sudut pusat dengan luas juring.
c) Aspek psikomotor
8. Menentukan besar sudut pusat, panjang
busur dan luas juring dengan tepat.
D.
MATERI AJAR
1.
Sudut Pusat, busur dan juring
Sudut di dalam
lingkaran yang di batasi oleh dua jari-jari disebut sudut pusat.
Dihadapan sudut pusat
terdapat suatu busur. Pada Gambar diatas, di hadapan ∠AOB terdapat busur AB. Busur di hadapan sudut pusat
lingkaran dengan jari-jari pembentuk sudut pusat membentuk sebuah juring. Pada
gambar di atas , AOB adalah juring dari sudut pusat AOB.
2. Hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas juring
3.
Rumus panjang busur
4.
Rumus luas juring
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran adalah pendekatan saintifik melalui pengamatan, tanya jawab, diskusi,
presentasi serta penugasan individu dan kelompok.
F.
Kegiatan Pembelajaran
Fase
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
1. Guru melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk
memulai pembelajaran kemudian memeriksa kehadiran siswa sebagai cerminan
disiplin
2.
Guru bertanya untuk mengetahui dan mengingatkan
materi yang relevan dengan materi yang akan disampaikan.
3. Guru memberikan motivasi berdasarkan materi yang
akan disampaikan.
4. Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok yang heterogen.
5. Guru
membagikan LKS kepada siswa.
|
1.
Siswa menjawab salam dan berdoa.
2.
Siswa menjawab pertanyaan dari
guru.
3.
Siswa mendengarkan dengan seksama.
4.
Siswa duduk bersama teman
kelompoknya.
5.
Siswa mendapatkan LKS.
|
5 menit
|
I
N
T
I
|
Mengamati (Observing):
6.
Guru memberikan informasi sebagai
pengetahuan awal siswa serta masalah yang berkaitan dengan materi hubungan
sudut pusat, panjang busur dan luas juring dalam kehidupan sehari-hari.
7.
Guru meminta siswa untuk
mengamati gambar-gambar lingkaran serta mengisi tabel yang telah disediakan
sesuai dengan perintah yang diberikan.
8.
Guru berkeliling dan mengamati
aktivitas siswa dalam kelompok.
Menanya dan mengumpulkan informasi :
9.
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya tentang
informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati.
10. Guru menjawab pertanyaan dari siswa dan memberikan
bimbingan yang sifatnya terbatas kepada siswa.
11. Guru meminta kepada setiap kelompok untuk
berdiskusi mencoba menemukan jawaban dengan melakukan serangkaian kegiatan
yang terdapat pada LKS.
12. Guru mengamati jalannya kerja kelompok dan memberi
bantuan seperlunya jika siswa mengalami kesulitan.
Menalar :
13.
Guru membimbing siswa untuk
menemukan hubungan sudut pusat dengan panjang busur dan hubungan sudut pusat
dengan luas juring dari informasi yang telah diperoleh dan membuat
kesimpulan.
14.
Guru meminta perwakilan dari
setiap kelompok untuk menuliskan kesimpulan yang mereka peroleh dipapan
tulis.
15.
Guru mengecek pemahaman siswa
dengan bertanya kepada beberapa siswa mengenai kesimpulan yang telah
diperoleh.
Mencoba:
16.
Guru meminta siswa untuk menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan materi di dalam LKS.
17.
Guru membimbing siswa dalam penyelesaian masalah.
Mengkomunikasikan:
18.
Guru meminta perwakilan setiap
kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
19.
Guru membimbing, mengawasi dan memberikan instruksi kepada siswa.
20. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
|
6. Siswa memperhatikan dan menanggapi penjelasan dan permasalahan yang diberikan.
7. Siswa mengamati dan
mengisi tabel.
8. Siswa bekerja sama dalam kelompoknya.
9.
Siswa bertanya tentang hal-hal yang kurang dipahami.
10.
Siswa menyimak penjelasan dan mengikuti arahan dari guru.
11. Siswa berdiskusi
dan bekerja sama dengan teman kelompok mengerjakan tugas dalam LKS.
12. Siswa bertanya
kepada guru jika ada yang tidak dipahami.
13.
Siswa mencari hubungan sudut yang diminta guru dengan informasi yang telah
diperoleh.
14.
Perwakilan kelompok menuliskan kesimpulan di papan tulis.
15. Siswa
menjawab pertanyaan dari guru.
16.
Siswa menyelesaikan masalah didalam LKS.
17.
Siswa yang kurang mengerti mendapat bantuan dari guru.
18.
Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
19.
Siswa menanggapi hasil presentasi kelompok.
20.
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
|
25 menit
|
P
E
N
U
T
U
P
|
21. Guru memberikan tugas individu sebagai penilaian pengetahuan individu siswa.
22. Guru
mengumpulkan tugas yang telah di kerjakan oleh siswa.
23. Guru
mengingatkan untuk mempelajari kembali materi yang telah diperoleh hari ini
dan mempelajari materi selanjutnya.
24. Guru
mengakhiri kegiatan
pembelajaran.
|
21. Siswa mengerjakan
tugas secara individu.
22. Siswa
melaksanakan perintah guru.
23. Siswa
memperhatikan informasi yang disampaikan guru.
|
10 menit
|
G.
Alat dan Sumber Belajar
Alat
:
a)
Busur derajat
b)
Papan
tulis
c)
Spidol
d)
Power
point
e)
Lembar
penilaian
f)
Laptop
Sumber
belajar :
a)
Buku
paket
b)
Worksheet atau lembar kerja siswa
G. Penilaian Hasil belajar
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
Instrumen: lihat Lampiran
3.
2.
Sikap sosial
a.
Teknik Penilaian :
Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
Instrumen: lihat Lampiran 4.
3.
Pengetahuan
a. Teknik Penilaian: Tes
b. Bentuk Instrumen: Uraian
Instrumen: lihat Lampiran
5.
4.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian:Observasi
Instrumen: lihat Lampiran
6.
Live Casino: online casino | Free Spins, Games and No Deposit Bonuses
BalasHapusGet up to €1500 in free play online casino games. ☝️ Welcome Bonus ✚ Spins ✚ No deposit offers ☝️ Casino bonuses ☝️ 온라인 카지노 Free spins ☝️ Deposit bonuses.